Mengenal Teknologi Bank Untuk Nasabah


Peukan.com di era yang serba digiltal dan teknologi Informasi yang Uptodate menjadi syarat mutlak untuk tidak tergilas dengan kondisi tersebut maka ada baiknya kita mengenal beberapa tekhnologi yang dikembangkan Pihak Perbankan Kepada Konsumen/Nasabah berikut diantaranya: 

E-banking adalah salah satu sektor yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah perbankan, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di sektor perbankan nasional relatif lebih maju dibandingkan sektor lainnya. 

Perbankan elektronik mencakup wilayah yang luas dari teknologi yang berkembang pesat akhir-akhir ini. Beberapa diantaranya terkait dengan layanan perbankan di “garis depan”, seperti ATM dan komputerisiasi (sistem) perbankan, dan beberapa kelompok lainnya bersifat “garis belakang”, yaitu teknologi-teknologi yang digunakan oleh lembaga keuangan, ‘merchant, atau penyedia jasa transaksi..

contoh layanan E banking :
  1. Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine)
  2. Sistem Aplikasi Perbankan (Banking Application System)
  3. Sistem Penyelesaian Bruto Waktu-Nyata (Real-Time Gross Settlement System)
  4. Perbankan Daring (Internet Banking)
  5. Sistem Kliring Elektronik
Internet Banking
Internet banking ya … layanan perbankan melalui internet
Lebih jelasnya adalah dengan menggunakan komputer kita yang terhubung ke internet untuk digunakan sebagai sarana untuk melakukan aktifitas perbankan seperti informasi saldo, informasi rekening (seperti melihat buku), tranfers dana dan 
pembayaran-pembayaran.

Internet banking adalah salah satu layanan perbankan yang menggunakan teknologi komunikasi dan informasi seperti mobile banking ( transaksi menggunakan handpone, spt atm), sms banking dan telepon banking.

Contoh layanan yang disediakan pada internet banking :
Transfer Dana,Transfer antar Rekening, Transfer antar Bank Domestik, Daftar Transfer Terjadwal, Pembayaran Telkom & Telepon CDMA, Telepon GSM, Internet, Kabel TV, Kartu Kredit, Listrik, Angsuran, Asuransi Pendidikan, Airlines, Autodebit, Lain-lain

Pembelian
Pulsa Telepon CDMA. Pulsa Telepon GSM, Tiket, Penempatan Deposito Berjangka. 

Informasi Rekening & Kartu Kredit. 
Rek. Tabungan & GIRO, Posisi Saldo, Histori Transaksi, Daftar Rekening, Rek. Deposito, Rek. Pinjaman, Informasi Kartu Visa, 

Fasilitas Layanan
Status Cek, Layanan Notifikasi SMS, Informasi Suku Bunga
Informasi Kurs




Mobile Banking 
Arti istilah Mobile Banking dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut atau disingkat dengan M-Banking. Fasilitas perbankan melalui komunikasi bergerak seperti handphone. Dengan penyediaan fasilitas yang hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash.

contoh layanan M banking :
  • Transfer dana
  • Informasi saldo, mutasi rekening, Informasi nilai tukar
  • Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi)
  • Pembelian (pulsa isi ulang, saham)


SMS Banking
Arti istilah SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi keuangan , misalnya cek saldo, mutasi rekening dan sebagainya.


contoh layanan sms banking :
Transfer Uang/Dana
Cek Saldo Rekening Tabungan
Informasi Tagihan, Transaksi
Pembayaran atas Pembelian
Ganti PIN, dan lain lain

Hampir semua bank di Indonesia telah menyediakan fasilitas M-Bankingnya baik berupa SIMtolkit (Menu Layanan Data) maupun sms plain (sms manual) atau dikenal dengan istilah sms banking.Untuk operator GSM sudah support untuk transaksi via mobile banking namun untuk operator CDMA masih ada yang belum mendukung layanan mobile banking.


Plus minus internet banking menjadi salah satu keputusan Sahabat dalam memilih apakah perlu memiliki internet banking ataukah tidak. Namun perlu diketahui, setiap pilihan tentu ada konsekuensi yang harus dihadapi. Termasuk internet banking. Paling tidak dengan Sahabat mengetahui plus dan minusnya, dapat mengantisipasi minus yang ada pada internet banking. Berikut adalah plus dan minus yang perlu Sahabat ketahui.

Plus Dari Memiliki Internet Banking
Nasabah yang memiliki internet banking dan hendak melakukan transaksi seperti transfer. Nasabah ingin membayar tagihan listrik, cukup melalui internet banking. Nasabah ingin membayar cicilan dan lainnya, cukup melalui internet banking tanpa perlu datang ke bank. Cukup melalui internet banking transaksi tersebut dapat Sahabat lakukan. Plus lain yang diterima nasabah dengan memiliki internet banking adalah menghemat waktu transfer. Sesibuk apapun Sahabat tetap dapat melakukan transaksi melalui internet banking. Melalui internet banking, nasabah juga dapat melihat saldo yang masih dimiliki. Apapun yang biasa dapat dilakukan di bank atau ATM, juga dapat Sahabat lakukan melalui internet banking.

Minus Dari Memiliki Internet Banking
Ada plus minus internet banking yang memang perlu diketahui. Selain plus ada minus. Minus yang nasabah harus antisipasi dengan memiliki internet banking adalah terbacanua data Sahabat oleh hacker. Ini sangat berbahaya karena sekalinya hacker tahu data Sahabat, alhasil saldo yang Sahabat miliki akan terkuras dalam sekejap. Nasabah yang mengalami kejadian seperti itu tidak dapat berbuat apa-apa. Sebab pihak bank juga tidak dapat mengembalikan saldo yang sudah berhasil dikuras hacker. Minus lainnya yang harus diantisipasi adalah hacker yang merupakan salah satu dari pegawai bank. Bukan bermaksud untuk menjatuhkan bank tertentu. Ini hanya sebagai langkah antisipasi jika setiap kali Sahabat hendak melakukan komplain mengenai internet banking, jangan sekali-kali terlalu jujur untuk memberikan user ID dan PIN kepada pegawai bank. Jika pegawai bank yang menangani masalah Anda tidak jujur, maka kemungkinan pegawai bank tersebut dapat mengambil saldo yang Sahabat miliki.
Untuk itulah Sahabat harus tahu guna antisipasi pada plus minus internet banking.

Inti dari plus minus internet banking tergantung kemampuan Sahabat para nasabah, apakah telah merasa mampu menjaga keamanan akun internet banking atau tidak?

Produk Kami Lainnya :

iklan

 
ibs(idblogsite)